Nabi Yusuf As.

Nabi YUSUF as
NABI YUSUF adalah putra Nabi Ya’qub dari istrinya yang bernama Rahil binti Laban. Yusuf memiliki adik kandung bernama Bunyamin. Mereka mempunyai sepuluh orang saudara dari lain ibu. Karena berakhlak baik, Yusuf dan Bunyamin sangat disayang Ya’qub. Hal ini membuat saudara-saudaranya iri sehingga mereka membuang Yusuf ke dalam sumur. Para pedagang Madyan lalu menemukan Yusuf dan menjualnya kepada seorang pembesar Mesir. Yusuf pun diangkat menjadi anak. Banyak wanita, termasuk ibu angkatnya, tergoda oleh ketampanan Yusuf. Karena difitnah, Yusuf kemudian dipenjara. Allah Swt. menganugerahi Yusuf kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Yusuf lalu dipercaya menjadi pembesar Mesir. Ia pun akhirnya bertemu kembali dengan seluruh keluarganya dan memboyong mereka ke Mesir. Kisah Yusuf terdapat dalam Al-Qur’an surah Yusuf yang terdiri atas 111 ayat.

DIBUANG
Sejak kecil, Yusuf dan Bunyamin sudah ditinggal mati ibunya. Nabi Ya’ qub pun mencurahkan kasih sayangnya kepada mereka. Namun saudara-saudara tirinya iri dan menganggap sang ayah tidak adil. Mereka berniat membunuh Yusuf, tapi ada yang tidak setuju. Akhirnya mereka sepakat membuang Yusuf ke dalam sumur. Mereka lalu pulang membawa baju Yusuf yang dilumuri darah palsu, agar terkesan bahwa Yusuf telah dimakan serigala. Ayah mereka percaya akan hal itu.

FUTIFAR AL-AZIZ
Para pedagang Madyan menemukan Yusuf di dalam sumur. Mereka menyelamatkan Yusuf dan menjadikannya hamba sahaya yang layak dijual. Di pasar Yusuf dibeli oleh seorang pembesar Mesir bernama Futifar Al- Aziz dan istrinya yang bernama Zulaikha. Yusuf kemudian mereka jadikan anak angkat.

ZULAIKHA
Ketampanan dan kesopanan Yusuf membuat Zulaikha tertarik kepadanya. Suatu hari, Zulaikha menarik Yusuf ke dalam kamarnya. Namun Yusuf menolak cinta ibu angkatnya itu. Dalam suatu riwayat disebutkan, bahwa malaikat datang ke kamar Zulaikha dengan menyerupai ayah Yusuf. Lalu Yusuf melihatnya dan lari ke luar kamar, sedangkan Zulaikha menariknya dari belakang sehingga baju Yusuf robek. Tiba-tiba suami Zulaikha datang. Zulaikha kaget, lalu memfitnah Yusuf hendak memperkosanya. Namun tuduhan itu ditolak oleh seorang saksi.

DIPENJARA
Para wanita Mesir mencerca Zulaikha karena telah menggoda hamba sahayanya. Untuk membuktikan bahwa ia tidak salah, Zulaikha mengundang mereka. Bermacam makanan, minuman, dan buah dihidangkan, Zulaikha lalu memerintahkan Yusuf muncul di tengah mereka. Para wanita itu terpesona dengan ketampanan Yusuf dan berusaha menggodanya. Yusuf memohon kepada Allah Swt. agar ia lebih baik dipenjara daripada memenuhi ajakan mereka. Doanya dikabulkan Allah Swt. Yusuf dikirim ke penjara oleh Futifar agar masyarakat mengira bahwa Yusuf-lah yang bersalah.

(sumber: Ensiklopedi Islam untuk Pelajar – no.6)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s