Putri-Putri Rasulullah saw.

Dari sebelas wanita yang Rasulullah saw nikahi, hanya Khadijah binti Khuwalid dan Mariah binti Syam’un yang memberi beliau keturunan. Pernikahan Rasulullah saw dengan Khadijah dikaruniai tujuh orang anak, tiga putra (Al Qasim, Abdullah, dan Tayyib) yang meninggal dunia sewaktu masih kecil dan empat putri (Zainab, Ruqayyah, Ummi Kaltsum, dan Fatimah). Sedangkan dari pernikahan beliau dengan Mariah binti Syam’un, dikaruniai seorang anak Ibrahim yang meninggal sewaktu masih kecil. Dengan demikian jumlah anak Rasulullah saw delapan orang, empat laki-laki yang kesemuanya meninggal dunia sewaktu masih kecil dan empat wanita.

Di antara empat putri Rasulullah saw, yang paling terkenal di dunia Islam ialah Fatimah Az-Zahra. Dia menghabiskan masa kanak-kanaknya di Mekah sehingga mengalami secara langsung tekanan dan penyiksaan yang menimpa keluarganya, karena pada masa itu Rasulullah saw baru memulai perjuangannya mensyiarkan Islam. Sedangkan pada masa remaja dan dewasanya, Fatimah tinggal di Madinah.

Satu tahun setelah hijrah, Rasulullah saw menikahkan Fatimah dengan Ali. Sesungguhnya banyak tokoh masyarakat, saudagar kaya dan pahlawan perang yang ingin menyuntingnya, namun semua itu ditolak oleh Rasulullah saw secara halus. Beliau lebih memilih Ali sebagai suami Fatimah, selain karena Ali sangat terpelajar dan bijak juga karena ia orang pertama memeluk Islam.

Pernikahan Fatimah dengan Ali dikaruniai lima orang keturunan, tiga putra (Hasan, Husein, dan Muhassin) dan dua putri (Ummi Kulsum dan Zainab). Kedua putra mereka yang pertama, terbunuh di Karbala dan dikemudian hari terkenal sebagai tokoh Syiah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s