IMAN

SETIAP UMAT manusia dihadapkan pada seribu satu ragam persoalan, karena jalan kehidupan tidak selalu lurus dan datar. Peruntungannya pun mustahil senantiasa berupa kemenangan dan kesenangan. Rahmat dan laknat, karunia dan bencana, tangis dan tawa datang-pergi silih berganti. Begitulah kodrat yamg telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Benarlah perumpamaan Imam Ghazali, bahwa hidup di dunia ini bagai mengarungi lautan. Sewaktu-waktu dapat terombang-ambingkan oleh badai gelombang, terhempas kesana kemari, dalam pusaran ketidakpastian yang menakutkan. Menghadapi arus kehidupan yang demikian, masing-masing pastilah menyadari perlunya memiliki tiang pancang sebagai pagangan yang mapan, yakni “iman”. Bagi kita kaum Muslim pokok pegangan dalam hidup dan kehidupan ini ialah kalimat thaiyibah: LAA ILAAHA ILLALLAH (Tiada tuhan selain Allah).

Diterangkan dalam Surat Ibrahim, ayat 24-27: “Tidaklah kamu lihat bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik (kalimat thayibah) bagai pohon yang baik, akarnya mencengkram kuat, dan cabangnya menjulang tinggi? Pohon itu menghasilkan buah pada setiap musim, dengan izin Tuhan. Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk (kalimat syirik, dan lain sebagainya) seperti pohon yang buruk yang tercabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi. Allah meneguhkan orang-orang beriman dengan ucapan yang baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat, dan membiarkan sesat orang-orang yang zalim serta berbuat apa yang Dia kehendaki.”

Dari ayat tersebut. Jelaslah bahwa kondisi dan fungsi orang beriman bagai pohon yang besar. Yakni:

  1. Berdiri tegak dan kuat, tidak terombang-ambing oleh angin. Maksudnya, tidak mudah terpengaruh situasi, dan tidak plin-plan.
  2. Menjadi tempat berteduh. Maksudnya, memberikan perlindungan kepada sesama manusia yang membutuhkannya.
  3. Buahnya bisa dinikmati oleh orang lain. Maksudnya, perilakunya selalu menyenangkan dan menguntungkan sesama manusia.

 

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s