Peliharalah Salam Keislaman

Islam datang untuk mempersatukan hati dengan hati agar kita menjadi umat yg kokoh dan tangguh. Namun, semua itu hanya dicapai dengan kedamaian. Salah satu syaratnya ialah memasyarakatkan dan menyebarluaskan pemberian salam agar terbina cinta, kasih sayang dan kerukunan.

Rasulullah saw. Bersabda,
“Kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan tidak akan beriman sampai kamu saling menyayangi. Maukah kamu aku tunjukan satu perbuatan yang jika kamu lakukan kamu akan saling menyayangi? Sebarkan (ucapkan) salam (kedamaian) di antara kamu.” (HR Muslim)

As-Salam adalah satu asma Allah. Dalam Al-Qur’an tercatat dalam 33 tempat. As-Salam adalah ucapan penghormatan anak Adam sejak manusia dicipta.

Rasulullah saw. bersabda,
“Sesudah Adam dicipta, Allah SWT menyuruh Adam agar menemui para malaikat, berilah salam kepada mereka dan dengarkan jawaban penghormatan mereka. Sesungguhnya salam penghormatan bagimu dan keturunanmu.” Lalu Adam berkata, ‘Assalamu’alaikum…’ Para malaikat membalas ‘Assalamualaika Warahmatullah…’”

Oleh karena itu, salam menjadi ucapan penghormatan penghuni surga sebagaimana dalam firman-Nya,
“Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya (Allah) ialah ucapan ‘salam’.” (al-Azhaab:44)

Salam adalah penghormatan islam, kaum muslimin, para malaikat, dan penghuni surga. Assalam menyebarkan kedamaian, keamanan, dan ketentraman untuk mempersatukan keluarga, masyarakat, dan seluruh dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s